Tips Sukses Peternak Ikan Lele Tulungagung

Mulsa Tambak Cap Hercules

                         Mulsa Tambak Cap Hercules

Tulungagung menjadi penghasil ikan lele terbesar di Jawa Timur. Ikan lele dikelola oleh masyarakat di lahan di sekitar pekarangan rumah. Dulu peternakan lele dijalankan alakadarnya. Namun kini para peternak mulai membuahkan hasil lebih optimal. Salah satu tips keberhasilan tersebut adalah penggunaan paranet untuk proses pemijahan benih lele.

Produksi ikan lele di Tulungagung tersebar merata hampir di semua wilayah di Tulungagung. Kelompok peternak ikan lele terbesar di Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang. Desa ini terlerak di wilayah Tulungagung bagian barat, berbatasan dengan kabupaten Trenggalek. Di desa ini dihuni oleh penduduk sekitar 2.415 jiwa, dengan 140 orang di antaranya adalah pembudidaya ikan.

Selain penggunaan kakaban paranet, masyarakat lebih banyak menggunakan kolam terpal dan mulsa plastik. Faktor lain yang berpengaruh pada keberhasilan mereka adalah kemitraan usaha yang baik, kemudahan teknologi budidaya, skala ekonomi produksi, penyeragaman benih, dan inokulasi air media baru dengan media dari kolam lain yang telah berhasil.

Kemitraan usaha lebih banyak dijalin antara pemilik modal dengan pemilik tanah. Pemodal melakukan perluasan usaha pada lahan milik penduduk lainnya dengan perjanjian bagi hasil dari keuntungan bersih, yakni 70% pemilik modal dan 30% pemilik tanah. Cara ini cukup efektif semakin berkembangnya peternakan lele di wilayah desa Gondosuli, kecamatan Gondang. Adapun beberapa cara beternak ikan lele yang paling mudah dilihat di Tulungagung tersebut adalah sebagai berikut;

# Baca juga Manfaat Mulsa Plastik dan Ukuran Mulsa Plastik Hitam Perak

Menggunakan Kolam Mulsa Plastik dan Terpal

Mulsa Plastik Cap Kuda

           Mulsa Plastik Cap Kuda

Secara umum, masyarakat di Gondosuli, Gondang Tulungagung membudidayakan ikan dengan menggunakan kolam mulsa plastik dan juga terpal. Penggunaan mulsa plastic untuk kola mini lebih mudah dan cepat dalam persiapan dan juga lebih murah. Penggunaan mulsa plastic juga membuat lingkungan air tidak terkontaminasi oleh lingkungan yang ada, karena air tidak bersentuhan langsung dengan tanah atau rembesan tanah. Kolam lebih steril, tidak bau tanah, dan mudah dalam proses penggantian air.

Budidaya ikan lele oleh masyarakat setempat juga dianggap lebih mudah, lebih tahan terhadap serangan penyakit. Ikan lele dianggap mempunyai daya tahan yang lebih baik sehingga risiko kegagalan juga relatif kecil. Selain itu dari aspek bisnis, beternak ikan lele lebih menguntungkan dari sisi harga jual disbanding ikan tawar lainnya.

# Jual Mulsa Plastik Hitam Harga Murah Cap KUDA dan Cap TEMBAKAU

Menggunakan Kakaban Paranet

Penggunaan kakaban paranet banyak dipilih oleh para peternak ikan lele karena kemudahan persiapan, lebih praktis, dapat dipakai berulang-ulang, dan juga mudah dalam proses pembersihan. Kakaban paranet memiliki kelebihan dapat menutupi permukaan dasar kolam sehingga telur dapat menempel maksimal pada kakaban tersebut. Sebagian peternak juga menambahkan kakaban ijuk. Kakaban ijuk katanya dimanfaatkan untuk merangsang indukan untuk memulai kawin. Penggunaan kombinasi kakaban paranet dan kakaban ijuk akan mendapatkan tempelan telur ikan lele sama banyaknya.

Bentuk kombinasi kakaban paranet dan kakaban ijuk bervariasi, masing-masing petani ikan lele bisa berbeda. Ada yang membuatnya memanjang dengan satu penyangga tengah, ada yang berbentuk rangka dimana rangka tersebut dipasangi oleh ijuk, ada yang berbentuk rangka dimana seluruh rangka dipasang paranet sehingga berbentuk persegi panjang, ada yang dibiarkan teronggok saja tidak memakai rangka.

Penggunaan dua kakaban sekaligus ini karena sebagian petani mempunyai pengalaman pemasangan kakaban paranet 75%-80% dari luas area kolam terlihat belum memadai. Tidak semua induk mampu menempatkan telurnya di kakaban yang telah tersedia. Sebagian telur berada di luar area kakaban, yakni dilantai kolam ikan. Kakaban ijuk dimanfaatkan untuk menutup sela kakaban paranet.

# Jangan lewatkan baca juga Jual Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan dan Karung Putih Polos.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply