Mengenal Lebih Dekat Apa Pengertian Tanaman Hortikultura

Banner Tanaman Hortikultura

                                   Tanaman Hortikultura

Istilah Hortikultura (horticulture) berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) & cultura/colere (budidaya), bisa diartikan sebagai budidaya tanaman kebun. Lalu hortikultura digunakan secara lebih luas tidak hanya untuk budidaya di kebun. Hortikultura ini bisa didefinisikan sebagai cara bertanam yang bisa dikerjakan di pekarangan rumah atau kebun. Bagi pemilik atau penanam bisa merasakan manfaatnya secara langsung baik itu untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual ke pasaran.

Adapun jenis tanaman yang dibudidayakan yang biasa digunakan merupakan istilah dari hortikultura melitputi beberapa hal, yakni:
– pembenihan
– pembibitan
– kultur jaringan
– produksi tanaman
– hama & penyakit
– panen
– pengemasan
– distribusi.

Untuk lebih bisa memahami arti istilah holtikultura, berikut ini tanaman hortikultura dibagi menjadi 4 jenis, antara lain:
1). Tanaman Hortikultura Sayur (Olerikultura)
Tentunya sayuran merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi kita terutama para ibu rumah tangga. Bahkan di lingkungan kita sendiri sayuran mudah sekali untuk ditemui. Hal tersebut karena sayuran merupakan salah satu makanan pokok untuk dimanfaatkan sebagai lauk.

Pada umumnya tanaman sayuran (olerikultura) terbagi menjadi 2 macam, yaitu sayuran yang tanaman secara musiman dan sayuran yang ditanam secara tahunan.

Tanaman sayuran ada yang ditanam secara musiman hanya bisa dilakukan pada waktu musim tertentu saja. Beberapa macam tanaman sayuran yang tumbuh pada musim tertentu yakni: bawang merang, bawang putih, wortel, kangkung, lobak, kol, kubis, tomat dan sayuran-sayuran dll.

Kemudian ada juga tanaman sayuran tahunan. Jenis sayuran ini merupakan sayuran yang dapat ditanam sepanjang tahun tanpa terikat dengan lingkungan atau jenis musim. Contoh sayuran ini ialah melinjo, jengkol, petai, dan sayuran-sayuran dll.

# Baca juga Cara Mudah Budidaya Kurma Di Indonesia

2). Tanaman Hortikultura Buah (Frutikultura)
Buah merupakan tanaman yang pada awalnya berasal dari bunga. Pada buah ada sebuah biji yang menjadi komponen terpenting dalam perkembangbiakan secara generatif. Pada hampir seluruh buah berasal dari bunga, akan tetapi tidak semua bunga menghasilkan buah. Contoh buah yang awalnya dari bunga adalah jambu, manga, rambutan.

Buah sangat identik dengan bahan makanan yang bisa langsung dikonsumsi tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Mengkonsumsi buah bisa kapan saja. Sekarang masih banyak yang salah dalam mengklasifikasikan antara tanaman buah dan tanaman sayuran. Seperti labu siam, mentimun, terong, tomat, dll. Cara gampang untuk membedakan antara tanaman buah dengan sayuran terletak pada umur tanamannya. Tanaman buah umumnya memiliki usia yang relatif lebih panjang daripada sayuran. Walaupun ada juga sayuran yang memiliki bentuk seperti buah, akan tetapi tidak memiliki masa yang panjang. Itulah cara membedakan diantara keduanya.

3). Tanaman Hortikultura Bunga (Florikultura)
Tanaman bunga terdapat banyak sekali macam jenisnya di dunia ini dari yang sangat bersahabat dengan manusia atau makhluk yang lain samapi yang berbahaya atau beracun.

Plastik Ultraviolet Vatan

Plastik Ultraviolet Vatan

Namun tanaman bunga yang biasa dimanfaatkan untuk budidaya adalah tanaman hias yang memang sudah teruji dari segi keindahan, kecantikan, bentuk, manfaat, dll. Media untuk menanam tanaman bunga juga banyak macam jenisnya, yang paling umum adalah menanam dengan media pot, ada juga yang menempel pada tanaman lain seperti bunga anggrek. Penempatan dan jenis tanaman bunga pun juga bermacam-macam cara, ada yang tanaman bunga untuk di dalam ruangan, tanaman hias bunga yang digantung, di taman, dan sebagainya.

Semua jenis tanaman tersebut mempunyai fungsi utama yang tidak berbeda, yaitu menambah nilai estetika pada suatu tanaman atau pada sebuah ruangan dan lahan taman. Bunga yang disebut dengan bunga sempurna apabila mempunyai alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersamaan dalam satu organ. Bunga seperti itu dikenal dengan bunga hemafrodit.

Bunga mempunyai beberapa bagian yang diantaranya adalah:
– tangkai bunga
– dasar bunga
– benang sari dan putik
– kelopak dan mahkota bunga.

# Jangan lewatkan Tips Memilih Plastik UV (Ultra Violet) yang Benar

4). Tanaman Hortikultura Obat (Biofarmaka)
Tanaman obat merupakan berbagai macam jenis tanaman yang mempunyai manfaat & fungsi yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit maupun dalam pencegahan penyakit. Penggunaan tanaman obat bisa dengan cara meminumnya, dihirup, ataupun ditempel sehingga manfaatnya bisa memenuhi konsep kerja reseptor sel dalam menerima senyawa kimia atau reseptor.

Tanaman obat yang biasa digunakan bisa berasal dari tanaman obat yang tumbuhnya secara liar ataupun yang memang sengaja ditanam sendiri. Bahkan di Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi. Orang dahulu sudah sering menggunakan tanaman ini yang dikenal dengan obat tradisional. Tanaman obat juga merupakan salah satu ramuan paling penting dalam produk-produk obat herbal. Tanaman yang menjadi obat herbal tersebut hasil dari ekstraksi bagian tanaman tersebut.

Beberapa macam tanaman obat yang khasiatnya sudah terbukti ada banyak sekali, terutama di negara tropis seperti Indonesia. Berikut beberapa macam tanaman obat antara lain: kunyit, lempuyang, jahe, lengkuas, kumis kucing, brotowali, temu lawak, tanaman insulin, mahkota dewa, dll.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang pengertian hortikultura, dan bebrapa jenis tanaman hortikultura. Semoga bisa menambah wawasan Anda semuanya, dan semoga bermanfaat.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply