Hasil Panen Udang Meningkat Setelah Tambak Menggunakan Plastik Mulsa

Plastik mulsa untuk tambak

Plastik mulsa untuk tambak

Kesaksian Pemakai Mulsa Tambak
(dikutip dari Majalah TROBOS.com)

Berawal dari sekedar iseng 5 tahun yang lalu, Mimin Hermawan, petambak udang vannamei di daerah Subang Jawa Barat mencoba peruntungan dengan menerapkan budidaya tambak mulsa. Dari satu tambak yang seluruh permukaannyadilapisi plastik mulsa dan dijadikan percobaan sampai empat periode ini hasilnya cukup menggembirakan. Dengan waktupemeliharaan 160 hari, panen udang bisa mencapai ukuran 24 – 28 ekor per kg.

Pemilik CV Bangun Cipta Bahari ini menerapkan budaya tambak mulsa di semua tambak udang semiintensifnya. Ide tambak mulsa yang muncul dari pengalaman ketika Mimin bertani cabai ini telah ditiru petambak udang di daerah lain seperti Brebes, Kendal, Semarang, Jawa Timur,dan Kalimantan.

Menurut Mimin, dengan tambak mulsa, stabilitas kualitas air di tambak terjaga sehingga pertumbuhan udang bisa optimal. Selain itu bisa meminimalkan pencemaran ke tambak lain dibandingkan jika media tambak hanya tanah.

Dari pengalaman Mimin, jika menggunakan mulsa, pertumbuhan udang bisa mencapai 2 – 2,5 g per ekor per minggu. Sedangkan jika tidak pakai mulsa, pertumbuhan maksimal hanya sekitar 1,2 – 1,5 g per ekor per minggu. “Kalau yang tidak pakai mulsa, saya belum pernah dengar ada yang bisa panen dengan ukuran 20 – 30 ekor per kg meskipun dengan konsumsi pakan yang sama, karena untuk mencapai pertumbuhan itu sangat berat. Apalagi ditunjang dengan kondisi air yang koloid (campuran dua zat atau lebih). Tapi kalau dengan mulsa tingkat keberhasilan 60 % sudah dipegang,” klaimnya.

Selama ini kalau panen ukuran 20 – 30 ekor per kg, FCR-nya di kisaran 1,5 – 1,8 dengan hasil panen sekitar 9 – 15 ton untuk 1 tambakdengan luas rata-rata 3.000 m2 (ada juga tambak yang luasnya sampai 8.000 m2. “Kalau pemberian pakan setiap petambak kan punya teknik tersendiri. Kalau saya, jika pakan di tambak habis segera ditambah tapi jika masih ada,pemberian dikurangi sehingga jumlah pakan yang diberikan dan dikonsumsi akan berbeda tiap harinya bahkan bisa naik turun drastis,” paparnya.

Cara Penggunaan Plastik Mulsa Tambak
Penggunaan mulsa untuk tambak udang mudah dan sederhana. Tambak sudah diperbaiki dan dikeringkan. Sebelum tambak dipakai, seluruh permukaan tambak dilapisi mulsa yang direkatkan ke tanah dengan menggunakan bambu yang dipaku agar kuat. Karena plastik mulsa memiliki dua permukaan dengan beda warna (hitam-perak), bagian warna hitam menghadap tanah (bawah), sedang warna perak menghadap ke atas. Untuk mulsa yang kondisinya masih bagus bisa digunakan kembali (dipakai ulang).

Biaya Lebih Murah
Dari segi biaya investasi, tambak dengan mulsa lebih murah dibandingkan dengan menggunakan plastik jenis lain yang lebih mahal seperti HDPE. Kalau pakai mulsa biaya hanya sekitar Rp 1.200 – 1.500 per m2 sehingga lebih efisien (murah), bandingkan jika menggunakan jenis plastik lain.

Ia menjelaskan, penggunaan mulsa merupakan hasil analisa dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Meskipun mulsa hanya baik digunakan sampai 1,5 periode budidaya dan setelah itu dibuang tapi sudah bisa memberikan hasil yang nyata. Sementara, jika memakai HDPE memang bisa tahan lebih lama sampai bertahun-tahun, namun hasil budidaya tidak sebanding dengan biaya yang sudah dikeluarkan.

“Kalau pakai HDPE kita tidak tahu ada kebocoran di tambak karena tidak pernah diangkat dan itu bisa menjadi bom waktu. Kalau ada kebocoran dan racun keluar terus akan mengganggu budidaya bahkan udang bisa mati semua,” ujar pria yang memiliki 32 tambak di areal seluas 21 ha ini.

Dari segi efisiensi biaya, jika pakai mulsa kebutuhan investasi untuk 1 hektartambak udang sekitar Rp 18-20 juta dan sudah termasuk tenaga kerja dan bambu. Untuk 1 hektar tambak dibutuhkan sekitar 20 rol mulsa. Sementara jika memakai HDPE, biaya investasinya bisa mencapai lebih dari Rp 100 juta per hektar tambak.

Pemesanan Plastik Mulsa Tambak
Kami melayani kebutuhan plastik mulsa, mulsa plastik untuk tambak maupun untuk pertanian. ukuran lebar dan panjang, serta ketebalan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya untuk tambak, ketebalan mulsa sekitar 0,05 -0,08, sedangkan untuk pertanian ketebalan mulsa sekitar 0,030 – 0,035. Untuk pemesanan plastik mulsa ukuran khusus minimal order 500kg, proses pengerjakan sekitar 2 minggu.

Untuk info harga dan cara pemesanan plastik mulsa ukuran khusus baik untuk tambak maupun untuk pertanian, silahkan hubungi kami pada hari dan jam kerja:
– SMS/Call: 0877 0282 1277 / 0852 0812 3258 4950
– Email: limcorporation2009@gmail.com

Info selengkapnya tentang plastik mulsa silahkan kunjungi www.Mulsa99.com

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Hasil Panen Udang Meningkat Setelah Tambak Menggunakan Plastik Mulsa”

  1. anto says:

    kami memiliki 500 ha lahan tambak air payau, kondisi mash berupa hutan mangrove, di lokasi yg sama sudah terdapat 2 petak tambak (7 ha dan 17 ha) kondisi pintu air rusak, jika bpk/ibu berminat bekerjasama/ membeli silakan hub: 085222440659/ anto_bunyu@yahoo.com

Leave a Reply