Budidaya Lele Dumbo Di Dalam Kolam Apung

Waring Ikan

                                                            Waring Ikan

Anda tertarik ingin memiliki bisnis sampingan dengan modal usaha kecil? Budidaya ikan lele di kolam air tawar salah satu jenis usaha yang patut Anda pertimbangkan. Jika melihat banyak penjual pecel lele membuka usahanya di pingir jalan, berarti peluang usaha ternak lele masih terbuka lebar, karena konsumsi masyarakat yang cukup tinggi. Pecel lele merupakan salah satu kuliner khas Indonesia, menggunakan bahan dasar ikan bersungut, tidak bersisik, licin, bentuk pipih memanjang serta berwarna hitam ini.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam budi daya lele. Pertama, masalah pembuatan kolam lele, pemilihan benih lele, jenis pakan lele, jenis penyakit yang mungkin menyerang dan waktu panen lele yang tepat.
Lele Dumbo adalah jenis ikan lele yang pertumbuhan dan perkembangannya lebih cepat, serta memiliki ukuran lebih besar dibandingkan lele lokal. Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) berasal dari Afrika dan pertama kali masuk ke Indonesia di tahun 2014.

Inilah empat alasan mengapa disarankan beternak Lele Dumbo:
1. Budidayanya mudah serta proses pertumbuhannya cepat
2. Memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan lebih baik
3. Rasa dagingnya yang gurih serta memiliki kandungan gizi tinggi
4. Harga jualnya terjangkau sehingga mudah diterima masyarakat.

Sebagai catatan, Lele Dumbo termasuk ikan pemakan daging (karnivora), namun pada usia benih, Lele Dumbo masih termasuk omnivora (pemakan segala). Untuk pemijahan, induk ikan sebaiknya berusia dua tahun atau lebih dan dapat dikawinkan sepanjang tahun.

Dalam budi daya pembesaran ikan Lele Dumbo, bisa menggunakan beberapa jenis kolam pembesaran, seperti: kolam terpal, kolam plastik, kolam tembok, kolam tanah, atau menggunakan keramba jaring apung.
Keramba ikan atau Jaring Apung bisa diterapkan di empang, sungai atau rawa. Keuntungan menggunakan metode keramba ikan atau jaring apung ini antara lain:
1. Mudah dalam pemanenan dan penyortiran ikan lele
2. Lebih hemat pakan
3. Tidak perlu menguras air setiap panen, cukup dengan cara menarik jaring apung
4. Benih yang disemai terhindar dari predator (ular, kura-kura dan lain-lain)
5. Lebih efisien.

Jaring Apung / keramba ikan ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan waring ikan yang diproduksi oleh pabrik waring ikan dan banyak dijual di toko alat pancing atau toko pertanian. Harga waring ikan yang terjangkau serta tersedia dalam berbagai ukuran, memudahkan Anda untuk memulai usaha pembudidayaan ikan lele dumbo ini, disesuaikan dengan lahan serta budget yang Anda miliki.

Pasanglah waring ikan/keramba ikan menggunakan bambu yang diikat di tepian keramba ikan pada kolam yang telah disiapkan. Ikat juga bagian bawah keramba ikan ke tiang-tiang bambu agar keramba ikan tidak mengambang. Beri beban di tengahnya agar keramba ikan dapat mencapai dasar kolam, dengan demikian ikan dapat mencari makan di dasar kolam, sehingga dapat menghemat biaya pakan tentunya. Jangan lupa, batu yang diletakkan di dasar keramba ikan tersebut diberi tali agar gampang diambil dan mempermudah proses pemanenan.

Proses penebaran benih lele dumbo dalam keramba ikan ini haruslah bibit unggul yang berkualitas dan seukuran atau rampage. Sedangkan untuk pakannya, ikan lele dumbo secara alami akan mendapatkan dari hytoplankton dan zooplankton yang berada di dalam kolam. Selain itu, dapat diberikan pakan tambahan berupa pellet ikan, supaya ikan lele dumbo cepat tumbuh besar secara optimal.

Lele dumbo dapat dipanen pada usia 3 bulan terhitung sejak waktu benih ikan ditebarkan. Badan lele dumbo akan bertumbuh dari sebesar 10 gram di awal masa penyebaran benih, menjadi 200-300 gram. Sehingga dalam sekilo timbangan lele dumbo, akan diperoleh 3-5 ekor, dengan nilai jual sekitar 24-28rb/kg di pasar tradisional.

Sebuah jumlah yang cukup menggiurkan bagi para pembudidaya lele dumbo. Bagaimana? Anda tertarik untuk beternak lele dumbo dengan menggunakan keramba ikan/waring ikan nan praktis ini?

Jangan lupa, kami menjual waring ikan berbagai kualitas & merk, antara lain:
a. Waring Ikan Merk ARWANA
– benang single (bukan double)
– ukuran 1,2m x 100m.

b. Waring Ikan Merk PANCING
– benang single
– ukuran 1,2m x 90m

c. Waring Ikan Merk RK
– benang double
– ukuran 1,2m x 100m.
Minimal order waring ikan 10 roll (1 ball) per merk.
Pingin tahu harga waring ikan saat ini? Info update harga waring ikan silahkan klik DISINI. Atau langsung hubungi kami WA/sms/call di 0877.0282.1277 – 0852.3392.5564 – 08123.258.4950. Info lebih lengkap tentang waring ikan silahkan klik DISINI.
# Baca juga Tips Sukses Peternak Ikan Lele Tulungagung.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply