Belajar Bisnis Pada Bangsa China

bisnis china

bisnis china

“Di dunia ini tak ada yang lebih kaya daripada orang China” – Ibnu Batutah

Di seluruh penjuru dunia kita akan menemukan orang China, dan tahukah Anda 1 dari 5 orang di planet bumi ini adalah orang China, mengapa? Karena penduduk China baik yang masih tinggal di negaranya maupun yang sudah mengembara di seluruh benua kalau saja ditotal jumlahnya tidak kurang dari 1,3 Milyar atau seperlima dari jumlah penduduk di bumi ini. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan:

“Dimana ada air di situlah orang China ada”.

China sudah sejak jaman kuno sudah terkenal memiliki keunggulan dalam banyak hal, utamanya dalam bidang bisnis (perdagangan) dan pengobatan. Dan China dikenal memiliki peradaban tertua di dunia. Ada pepatah Arab mengatakan:

“Tuntutlah ilmu meskipun sampai ke negeri China”.

Bagi orang Islam, ada bukti sejarah bahwa salah seorang kerabat dekat Nabi Muhammad SAW yang bernama Saad bin Waqqash wafat di Tanah China sejak lebih dai 14 abad yang lalu, sampai sekarang makamnya tetap terpelihara dan masih ramai dikunjungi para peziarah. Letaknya di dalam kompleks masjid besar di salah satu sisi kota Ghuan Zhou, ibukota propinsi Ghuan Dhong di China Selatan.

Disini saya  hanya akan membahas tentang rahasia BISNIS orang China. Secara berkala saya akan mengupas rahasia bisnis orang China di blog ini, yang sudah barang tentu saya ambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply