11 Manfaat Membaca Buku

Manfaat membaca buku

Manfaat membaca buku

Membaca buku ternyata memiliki banyak manfaat, yang mungkin diantaranya belum kita ketahui. Bahkan aktifitas membaca buku belum bisa tergantikan dengan membaca media online atau sejenisnya. Biasanya kalau membaca artikel online tidak utuh sebagaimana bacaan dalam buku. Pun juga membaca buku akan melatih banyak hal positif dalam aktifitas biologis maupun psikologis dalam tubuh kita. Membaca bisa menjadi pereda stres, sarana rekreasi bahkan meningkatkan kepedulian sosial.

Berikut beberapa manfaat dari membaca buku, antara lain:
1. Meningkatkan kualitas hidup
Kamu bisa belajar bagaimana menjadi orang yang lebih baik, tidur lebih baik, dan memiliki retensi memori yang lebih baik hanya dengan mematikan perangkat elektronik (gadget) kamu 30-60 menit sebelum tidur dan membaca buku.

Kedengarannya seperti konspirasi yang dibuat toko buku. Tapi, dengan membaca sebuah cerita fiksi memungkinkan kamu ditarik ke dalam cerita dan mengidentifikasi karakter yang ada dalam cerita.

2. Melatih empati
Membaca kisah fiksi bisa membawa emosi kamu untuk bersimpati dengan karakter tersebut.

Hal ini menyebabkan kamu, sebagai pembaca, melatih empati saat membaca. Empati didefinisikan sebagai kemampuan kognitif dan intelektual untuk mengenali emosi dan emosional menanggapi orang lain.

Hal ini penting karena akan membuat kamu lebih pro-sosial, bahkan bisa meningkatkan kinerja, produktivitas, dan kreativitas di tempat kerja. Dengan demikian, akan membuat kamu lebih peduli kepada orang lain.

3. Mengurangi stres
Membaca buku juga membantu mengurangi stres lebih baik ketimbang kegiatan lain, seperti berjalan, mendengarkan musik atau minum teh hangat. Hal ini karena pikiran kamu harus berkonsentrasi membaca. dan khayalan ke sebuah dunia fiksi bisa meredakan ketegangan di otot dan hati.

Sebuah penelitian juga memperlihatkan bahwa membaca bisa mengurangi tingkat stres hingga 68%. Berdasarkan penelitian itu, membaca selama enam menit bisa memperlambat denyut jantung dan meredakan ketegangan pada otot.

Sementara mendengarkan musik bisa mengurangi tingkat stres hingga 61% dan meminum secangkir teh mampu menurunkan stres hingga 54%. Kalau kamu memilih berjalan-jalan, tingkat stres bisa turun hingga 42%.

Di samping itu, sering membaca membantu melatih otak kamu untuk meningkatkan keterampilan kognitif, dibanding mereka yang tidak membaca secara teratur.

4. Melatih kemampuan berpikir
Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul.
Apakah alat yang efektif untuk mengasah otak? Jawabannya adalah membaca. Menurut Astri Novia (2010) pilihlah satu jenis buku yang Anda sukai, apakah literature klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.

5. Meningkatkan Pemahaman
Contoh nyata dari manfaat ini banyak dirasakan oleh siswa maupun mahasiswa. Di mana membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak mereka mengerti menjadi lebih jelas setalah membaca. Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa atau mahasiswa memahami materi pelajaran/kuliah kalau mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.

6. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
Manfaat yang satu ini mungkin sudah sering kita dengar semenjak kita masih kecil. Kita pasti ingat berapa kali guru-guru kita mengingatkan bahwa membaca adalah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia. Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa servive dalam menghadapi gejolak zaman.

7. Mengasah kemampuan menulis
Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, memebaca juga bisa mengasah kemampuan menulis Anda. Selain karena wawasan Anda untuk bahan menulis semakin luas, Anda juga bisa mempelajari gaya-gaya menulis orang lain dengan membaca tulisannya. Lewat membaca Anda bisa mendapatkan kekayaan ide yang melimpah untuk menulis.

8. Mendukung kemampuan berbicara di depan umum
Membaca adalah aktivitas yang akan membuka cakrawala dan pengatahuan anda terhadap dunia. Terbatasnya jangkauan diri kita terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa dijangkau dengan membaca. Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca juga mampu meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata. Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

9. Meningkatkan Konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

10. Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer
Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.

11. Sarana Refleksi dan Pengembangan Diri
Kita dapat mengetahui pemikiran seorang pengusaha atau seorang trainer tanpa kita harus menjadi pengusaha atau trainer. Artinya kita bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri. Ini penting bagi kita sebagai bahan pertimbangan atau pembanding sebelum kita melakukan suatu hal.

(dirangkum dari berbagai sumber)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply